Mau Belajar Edit Video Sendiri? Gunakan Aplikasi Edit Video di Laptop Gratis Tanpa Watermark Cocok Buat Mereka Yang Baru Belajar Editing Video

 

Kebutuhan akan konten multimedia memang sangat tinggi, dimana sekarang ini video begitu mudah diproduksi. Namun untuk menampilkan video yang bagus, tidak semudah itu. Dibutuhkan sentuhan editing terlebih dahulu sebelum sebuah video bisa ditampilkan ke masyrakat luas, untuk melakukan editing tersebut dibutuhkan aplikasi edit video.

Sayangnya untuk kebutuhan aplikasi edit video tersebut tidaklah murah, aplikasi editing video yang tersedia dipasaran sangat mahal. Bagi mereka yang baru belajar tentu saja hal tersebut tidak efisien, bagaimana jika aplikasi editing tersebur tidak cocok.

Jangan khwatir, sekarang sudah tersedia aplikasi edit video gratis tanpa watermark. Dimana aplikasi yang satu ini berbasis open source, tentu saja karena berbasis open source bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja yang membutuhkannya tanpa adanya pembatasan dan tanpa adanya watermark.

Aplikasi tersebut bernama ShotCut, sebelum lanjut sejenak mari kita berkenalan dulu dengan ShotCut.

Shotcut tersedia untuk Windows (32- dan 64-bit), Mac, dan Linux. Ini berjalan pada Windows 7 hingga Windows 10; untuk desktop Apple, macOS 10.8 dan yang lebih baru didukung; Mesin Linux membutuhkan setidaknya GLIBC 2.13. CPU Anda harus 2GHz, dengan 4 core untuk video 4K, dan Anda memerlukan RAM 4GB untuk video SD, 8GB untuk video HD, dan 16GB untuk video 4K.

Selain itu, GPU  harus mendukung OpenGL 2.0 atau DirectX 9 atau 11. Untuk editor video, dengan ukuran file yang ringan hanya 184MB. ShotCut diperbarui secara teratur, dan saat pertama kali dijalankan, aplikasi meminta untuk memeriksa apakah Anda menjalankan versi terbaru.

 

Sekilas Mengenai ShotCut Aplikasi Edit Video Gratis Tanpa Watermark

Dan Dennedy adalah pengembangan editor video seperti Kino setelah beberapa tahun berlalu. Dan Dennedy kembali mengembangkan sebuah proyek baru yang disebut Shotcut.

Tahun 2004 bekerja sama dengan Charlie Yates, mantan pengembang Kino lainnya. Kemudian bahu membhu menggarap ShotCut agar bisa menjadi aplikasi editing video gratis untuk siapa saja yang membutuhkannya.

 

ShotCut Gratis Aplikasi Video Gratis Untuk Semua

Shotcut adalah perangkat lunak pengeditan dan pengodean video sumber terbuka dan gratis yang tersedia untuk perangkat Windows, Mac, dan Linux. Platform ini bekerja dengan resolusi setinggi 4K dan memiliki dukungan format luas yang menyoroti kemampuannya yang mengesankan.

ShotCut adalah solusi ideal untuk pembuat film yang antusias berkat beragam fitur pengeditan dan efek audio / video. Ini bukan perangkat lunak paling indah yang tersedia. Beberapa fitur yang menjadikan Shotcut menjadi editor terkemuka termasuk: Dukungan format lebar, banyak fitur audio, efek video, fitur pengeditan, cross-platform dan codec independent, tampilan dan pemantauan, dan dukungan perangkat keras.

Shotcut adalah editor video lintas platform yang handal yang membuat tugas pengeditan menjadi sederhana dan efektif. Sifat open source berarti Anda dapat mengubah kode sumbernya untuk membuat aplikasi yang berkualitas tinggi, mudah diintegrasikan, dan aman. Perangkat lunak ini juga gratis, tetapi itu tidak berarti kompromi dengan fitur pengeditan dasar. Muncul dengan semua alat program pengeditan video klasik, ditambah sejumlah opsi lain yang menjadikannya terkini.

Antarmukanya ditata dengan baik untuk menghadirkan penyempurnaan efisiensi fitur yang diteliti oleh banyak pihak. Panel pratinjau menawarkan gerbang ke panduan mulai cepat sementara menu tampilan memberi Anda kontrol atas fitur yang ditampilkan di layar Anda. Rangkaian fitur-fiturnya mengesankan, tetapi yang paling menarik adalah filter audio dan video yang tak terhitung banyaknya. Filter sepenuhnya dapat dikustomisasi dan dapat dikombinasikan dan berlapis dalam rakit cara yang menarik. Membuat penyesuaian sangat mudah berkat sistem slider dan kotak centang yang mudah. Sistem ini cukup cemerlang untuk membuat efek canggih mudah dimengerti.

Perangkat lunak ini dibuat secara ahli untuk dukungan format lebar. FFmpegnya memungkinkan platform untuk mendukung ratusan format video dan audio dan codec. Ini juga mendukung format gambar paling populer seperti GIF, PNG, JPEG, TGA, SVG, TIFF, BMP, ditambah urutan gambar. Pengeditan timeline aslinya menghilangkan kebutuhan untuk mengimpor file media. Selain itu, timeline multi-format memungkinkan Anda untuk mencampur & mencocokkan frame dan resolusi dalam satu proyek.

 

Panduan Cara Menggunakan ShotCut

Bagi Anda yang ingin mempelajari bagaimana cara menggunakan ShotCut untuk melakukan editing dan manipulasi video, kami telah membuat panduan dasar-dasar editing dengan menggunakan ShotCut. Dimana melalui panduan ini, Anda nantinya bisa mengembangkannya sehingga bisa menghasilkan video yang menarik dengan menggunakan ShotCut.

Berikut ini adalah materi panduan editing video dengan menggunakan ShotCut yang bisa Anda pelajari: