Mau Ngedit Video Sendiri? Gunakan Aplikasi Edit Video PC Ringan Gratis Tanpa Watermark

 

Bagi Anda yang sedang ingin menjadi YouTuber, atau ingin membuat media promosi berupa video. Atau untuk kebutuhan presentasi kerja, tentunya Anda akan bermain-main dengan video. Untuk membuat video, zaman sekarang ini sudah tidak lagi sulit. Anda bisa menggunakan smart-phone untuk mengambil video, namun sayangnya video yang diambil tersebut tidak bisa disajikan begitu saja.

Perlu adanya proses editing untuk menghasilkan sebuah video yang menarik, agar maksud dan tujuan dari video tersebut bisa tercapai. Untuk melakukan editing atau pengeditan video tersebut dibutuhkan software atau aplikasi editing video.

Kabar buruknya, aplikasi video yang terkenal hanya tersedia dalam versi pro atau versi berbayar. Kalaupun ada versi gratis, akan ada pembatasan dan juga watermark pada hasil ekspor videonya. Dan tentu saja hal tersebut menjadi kurang maksimal untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun jangan khwatir, ada kabar bagus. Ternyata ada video editor gratis berbasis open source. Tentu saja karena berbasis open source, video editor yang satu ini tidak ada pembatasan. Dan sudah pasti tidak ada watermark.

Aplikasi video editor tersebut bernama OpenShot, ShotCut adalah aplikasi editing video lintas platform. Shotcut tersedia untuk Windows (32- dan 64-bit), Mac, dan Linux. Ini berjalan pada Windows 7 hingga Windows 10; untuk desktop Apple, macOS 10.8 dan yang lebih baru didukung; Mesin Linux membutuhkan setidaknya GLIBC 2.13. CPU Anda harus 2GHz, dengan 4 core untuk video 4K, dan Anda memerlukan RAM 4GB untuk video SD, 8GB untuk video HD, dan 16GB untuk video 4K.

Selain itu, GPU Anda harus mendukung OpenGL 2.0 atau DirectX 9 atau 11. Untuk editor video, ukuran file sebesar 184MB bisa langsung di download dan instal di dalam komputer atau laptop dengan gratis.

 

 

Membuat Efek Freeze Motion


 

Membuat Efek Reverse Motion


 

Panduan Untuk Menggunakan ShotCut

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan ShotCut, kami sudah menyiapkan panduan editing dan manipulasi video dengan menggunakan ShotCut. Panduan dasar editing dan manipulasi ini bisa Anda gunakan sebagai dasar untuk editing video, silahkan Anda ekplorasi untuk menghasilkan project video terbaik yang bisa Anda hasilkan dengan menggunakan aplikasi video editor gratis.

 

 

Panduan untuk editing dan manipulasi akan terus ditambahkan dari waktu ke waktunya, jadi pastikan Anda juga subscribe ke Simple Channel untuk mendapatkan update materi panduan terbarunya.

 

Dasar-Dasar Editing Yang Haru Dikuasi

Tentu saja sama halnya dengan skil yang lain, sklil editing video akan semakin matang dan tajam seiring dengan jam terbang. Jangan khwatir, semua harus dilakukan selangkah demi selangkah, berikut ini adalah beberapa  dasar-dasar skil editing yang harus dikuasi:

  • Memilih bagian terbaik dari video
  • Membuang bagian dari video yang tidak diinginkan
  • Menciptakan alur cerita yang baik dengan menyambung dan menggabungkan video
  • Menambahkan efek, grafik, musik dan lain sebagainya untuk memberikan nunasa tertentu ke dalam video

Semua itu bisa Anda lakukan dengan ShoutCut, tentu saja semakin tinggi jam terbang Anda dalam mengedit video dengan ShotCut maka Anda akan semakin mahir dan tajam. Hasil editingnya pun akan semakin halus dan menarik.

Jika Anda masih baru dalam dunia editing, jangan khwatir jika editan pertama kurang menarik dan kaku. Lakukan terus proses editing, belajar terus. Perhatikan video-video dari YouTube, dan coba terapkan dalam video Anda.

Dari sana nanti Anda akan mendapatkan pengalaman, mendapatkan ilmu editing yang akan membuat kemampuan mengedit video Anda menjadi semakin berkelas. Namun sebelum sampai ke sana, sebelum sampai menjadi seorang ahli. Anda harus mengambil satu langkah untuk memulainya, gunakan ShotCut sebagai langkah Anda untuk memulainya.