Mau Memotong Video atau Melakukan Trim Video Dengan Movie Maker? Dapatkan Panduan Lengkapnya Disini!

 

Movie Maker atau Windows Movie Maker adalah sebuah video editor gratis bawaan windows yang dikembangkan oleh Microsoft, meski sekarang ini Windows Movie Maker sudah tidak lagi dikembangkan bahkan sudah tidak lagi bisa di download dari website Microsoft. Namun masih banyak orang yang ingin melakukan editing dasar seperti melakukna trim video atau penyambungan antar video dengan menggunakan Movie Maker.

Jika Anda adalah orang yang tertarik untuk menggunakan Movie Maker untuk editing video, Anda bisa mendapatkan panduan editing video dengan Movie Maker di website Kursus Online Gratis ini. Tersedia panduan Windows Movie Maker yang bisa Anda pelajari, mulai dari trim video. Hingga memasang musik dan lain sebagainya.

[Panduan Windows Movie Maker]

 

Video Editor Alternatif Selain Windows Movie Maker

Selaib Movie Maker, tersedia juga software editor video gratis ala pro yang bisa digunakan tanpa watermark dan juga tanpa pembatasan. Anda bisa menggunakan editor lain seperti:

Tersedia juga panduan untuk melakukan editing video dengan software tersebut, silahkan Anda klik link diatas tersebut untuk mendapatkan detail panduannya.

 

Teknik Dasar Editing Video

Bagi mereka yang ingin bisa melakukan editing video, harus menguasai teknik dasar terkait dengan editing. Adapun teknik dasar editing video yang harus dikuasai adalah sebagai berikut:

 

Trim Video (Memotong Video)

Anda bisa menggunakan Trim atau Trimming untuk memotong suatu obyek dari video. Proses editing tentu akan sangat membutuhkan fungsi ini, dimana dengan menguasai fungsi ini Anda dapat mengedit suatu bagian ataupun membuang bagian yang tidak diinginkan. Selain itu Trim juga berguna untuk memperpendek durasi video yang ditayangkan.

Fungsi Trim ini akan membantu menampilkan video sesuai kebutuhan dan tidak ada bagian video yang tidak diinginkan tampil karena sebelumnya Anda telah melakukan pemotongan pada bagian yang tidak perlu Anda tampilkan.

 

Split Video (Memecah Beberapa Bagian Video)

Anda bisa menggunakan Split untuk memecah sebuah video menjadi beberapa bagian. Pemecahan video ini akan menguntungkan Anda saat Anda membutuhkan video dengan durasi yang singkat dan berkaitan antara satu video dengan video yang lainnya. Nah, apa sih keuntungannya menggunakan Split pada editing video.

Sebenarnya antara split dan trim hampir sama, sering kali seorang editor menggunakan cara yang sama untuk melakukan trim atau split pada video. Untuk lebih jelasnya silahkan Anda melihat panduan terkait trim video atau pemotongan bagian video dalam materi editing video grati yang kami berikan diatas.

 

Join Video (Menggabungkan Video)

Join merupakan teknik dasar dalam editing video yang digunakan untuk menggabungkan dua video menajdi satu frame. Selain menggabungkan video Anda juga bisa menggabungkan: musik, dan juga konten yang lainnya ke dalam video yang Anda buat.

Teknik pemotongan dan penggabungkan inilah yang paling sering dilakukan oleh editor video, hingga kemudian terbentuk suatu jalinan tontonan yang menarik.

 

Berkeja Dengan Text dan Animasi

Selanjutnya adalah proses mempercantik tampilan video bisa dengan text dan animasi, sering kali juga ditambahkan transisi dan lain sebagainya. Semua itu adalah bagian dari proses editing, dan teknik-teknik seperti itu harus dikuasai oleh mereka yang ingin bisa editing video.

Kabar bagusnya pada materi editing video gratis yang kami berikan sudah tersedia materi dasar tersebut. Anda cukup memilih software mana yang Anda ingin gunakan dan kemudian selanjutnya mulai menggunakan software tersebut untuk melakukan editing.